Jalan M. Syafe'i Blok P Nomor 30 Pontianak, Kalimantan Barat. Telp. (0561) 731059

Sabtu, 11 Desember 2010

Hari Ham Sedunia, Jatam-Walhi Gelar Demo Ketahanan Pangan

Jumat, 10/12/2010/pk/10:22 WITA
wartawan Tribun Kaltim, M Khaidir

SAMARINDA, tribunkaltim.co.id - Memperingati hari Hak Asasi Manusia (HAM) se-dunia, puluhan aktivis Jaringan Advokasi Tambang (JATAM) dan Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) Kalimantan Barat dan Tengah menggelar unjuk rasa di depan kantor Gubernur Kaltim, Jumat (10/12/2010).

Unjuk rasa mereka gelar dengan cara yang berbeda, yakni dengan melakukan demo memasak dan teaterikal ketahanan pangan. Untuk memasak, mereka membawa dua kompor, wajan, sayur-mayur, ikan dan peralatan lainnya yang langsung mereka masak di arena unjuk rasa. Juru masak pun menggunakan celemek bertuliskan "food not coal" sebagai perwujudan pangan masyarakat bukanlah batu bara.

Sedangkan teaterikal, sebanyak 9 orang diantara mereka melakukannya dengan menyiramkan air berwarna merah ke wajah mereka, dan saling berebut sayur-mayur, ini merupakan simbol bahwa pangan masyarakat telah direbut hanya untuk kepentingan tambang batu bara.

"Mengapa kami melakukan ini semua, adalah sebagai perwujudan bahwa pangan masyarakat bukanlah batu bara, dan lahan pertanian masyarakat telah diserobot untuk batu bara. Dihari HAM ini kami sampaikan, merebut hak-hak pangan masyarakat, adalah pelanggaran HAM berat yang harus dimusnahkan di negeri ini," kata Merah Johansyah, Divisi Hukum dan Humas JATAM Kaltim di sela unjuk rasa. (*)

Sumber:
http://www.tribunkaltim.co.id/read/artikel/73111

Tidak ada komentar: