Jalan M. Syafe'i Blok P Nomor 30 Pontianak, Kalimantan Barat. Telp. (0561) 731059

Senin, 25 April 2011

Pemerintah Tak Tegas pada Pembakar Lahan

Tak ada tindakan tegas terhadap pembakar hutan dan lahan di Kalbar. Pembakaran lahan sawit telah masuk perkebunan warga.

VHRmedia, Pontianak -Pemerintah tidak tegas menangani berbagai kasus kabut asap di Kalimantan Barat. Tidak ada tindakan tegas terhadap para pembakar hutan dan lahan, khususnya di sekitar perkebunan kelapa sawit.

Hal itu dikatakan Hendrikus Adam, Kepala Divisi Kampanye Wahana Lingkungan Hidup (Walhi)Kalimantan Barat. Menurut dia, kebakaran lahan perkebunan sawit kini bahkan masuk ke perkebunan karet warga di sekitar perkebunan.

Adam memberikan beberapa contoh kebakaran di hot spot atau titik api. Seperti terjadi di areal perkebunan sawit di Kabupaten Kubu Raya, Kabupaten Sekadau, dan di Kabupaten Pontianak. Bahkan kebakaran lahan sawit di Sekadau telah masuk hingga ke perkebunan karet produktif warga. “Di ketiga tempat ini telah nyata-nyata terjadi kebakaran,” katanya.

Menurut Adam, kebakaran lahan di perkebunan sawit bukti lemahnya pemerintah mengantisipasi dan menangani permasalahan. Penanganan kebakaran lahan hanya reaktif. Lemahnya penegakan hukum terhadap pelaku pembakaran lahan di areal konsesi perkebunan sawit menunjukkan tidak berjalannyaperan negara. “Ini juga bukti masih lemahnya komitmen perusahaan,” kata Adam. (E4)

Foto: VHRmedia / Muhlis Suhaeri

Sumber: http://m.vhrmedia.com/detailmobile.php?.e=2224

Tidak ada komentar: