Jalan M. Syafe'i Blok P Nomor 30 Pontianak, Kalimantan Barat. Telp. (0561) 731059

Jumat, 04 Februari 2011

Walhi Kenalkan Cinta Hutan Kepada Anak TK

Jumat, 12 November 2010 09:31

Pontianak, Indowarta

Semakin berkurangnya lahan kawasan hutan Kalbar beserta habitat flora fauna didalamnya, menginspirasikan keprihatinan Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) Kalbar untuk memberikan pendidikan cinta hutan sejak usia dini.

Hal tersebut diwujudkan dalam kegiatan Anak dan Hutan yang dilaksanakan di Taman Kanak-Kanak Primanda, Rabu (10/11). Menurut Koordinator Divisi Riset dan Kampanye Walhi Kalbar Hendrikus Adam kegiatan ini dimaksudkan sebagai pengenalan anak-anak terhadap hutan dan habitatnya serta upaya pelestariannya. ”Kegiatan ini sekaligus dalam rangka memperingati hari Pahlawan, ” ujarnya saat membuka kegiatan ini.

Dalam kegiatan tersebut, anak-anak disuguhkan film tentang keindahan hutan beserta berbagai flora dan fauna yang hidup didalamnya. Dalam visualisasi tersebut juga digambarkan bagaimana keceriaan anak-anak mencari buah-buahan di dalam hutan, serta tingkah polah lucu Orang Utan yang bergelantungan dari pohon ke pohon.

Digambarkan pula bagaimana gergaji mesin dan alat-alat berat menumbangkan pohon-pohon dan membuat areal hutan berubah menjadi tanah lapang yang luas sebagai persiapan untuk pembukaan perkebunan sawit. Setelah itu nampak bagaimana Orang Utan kehilangan habitatnya.

Selain pemutaran film, kegiatan dirangkai dengan pemungutan sampah-sampah yang ada di sekitar sekolah untuk dibuang pada tempat sampah yang disediakan pihak sekolah. Juga ada pemilihan Pahlawan Hutan sebagai motivasi bagi anak-anak untuk terus berpartisipasi melestarikan hutan dan lingkungan. Meskipun belum mengerti sepenuhnya, namun anak-anak tampak antusias dengan kegiatan tersebut.

Sebagai Kepala Taman Kanak-Kanak Primanda, Kartina sangat menyambut baik kegiatan tersebut. ’’Ketika Walhi Kalbar mengusulkan kegiatan ini, kami merasa ini sangat sesuai dengan kebiasaan kami dimana setiap hari besar nasional selalu kami adakan kegiatan, ’’ ungkapnya. Namun, menurut Kartina, diluar kegiatan tersebut, pihaknya selalu menghimbau kepada anak-anak untuk selalu membuang sampah pada tempatnya. (Fai)

Sumber : http://indowarta.com/index.php?view=article&catid=80:kalimantan&id=10576:walhi-kenalkan-cinta-hutan-kepada-anak-tk&option=com_content&Itemid=180

Tidak ada komentar: