Jalan M. Syafe'i Blok P Nomor 30 Pontianak, Kalimantan Barat. Telp. (0561) 731059

Rabu, 30 Juni 2010

Cari Pemimpin yang Peduli Lingkungan

Senin, 17/05/2010/pk/21:23

Pontianak, Indowarta
Pilkada di enam kabupaten akan digelar 19 Mei 2010. Saatnya masyarakat harus jeli memilih calon pemimpin daerah yang pro lingkungan. Demikian seruan puluhan aktivis Aliansi Pro Lingkungan saat mengelar demontrasi di Bundaran Untan, Senin (17/5).

Koordinator Aksi Aliansi Pro Lingkungan, Hendrikus Adam mengatakan selama ini bencana terus saja terjadi akibat dari kebijakan pemerintah yang tidak memperhatikan kelestarian lingkungan hidup. Dari catatan Badan Nasional Penanggulangan Bencana tahun 2010, dalam kurun waktu 13 tahun telah terjadi 6.632 bencana terkait ekologi.

“Sebagian besar dari bencana tersebut akibat ulah manusia terutama pemerintah yang tidak memperhatikan lingkungan dalam mengeluarkan kebijakan berkedok pembangunan,” ujarnya.

Adam mengingatkan masyarakat di enam kabupaten yang akan mengikuti pilkada untuk cerdas, cermat dan rasional dalam memilih calon pemimpin baru di daerahnya.

“Pilihlah pemimpin yang memiliki komitmen untuk berjuang bersama rakyat dan memiliki komitmen penyelamatan ekologi,” katanya.

Ia juga mendesak agar pemerintah menghentikan kebijakan eksploitasi dan penghancuran atas SDA melalui perkebunan sawit dan pertambangan yang mengancam sumber kehidupan, kondisi sosial, budaya dan adat istiadat.

“Kita juga mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk bersatu melawan berbagai bentuk kebijakan dan upaya-upaya perusakan ekologi di Kalbar,” ajaknya.

Aliansi Pro Ekologi ini juga mendesak penghentian kriminalitas terhadap masyarakat yang mempertahankan hak-haknya dan menindak tegas pelaku perusak lingkungan.
“Hargai dan kembalikan hak masyarakat adat dalam menjaga dan melestarikan ekologi dengan kearifan lokal yang dimiliki,” tegasnya.

Aksi diwarnai dengan adegan teatrikal yang menggambarkan kondisi bumi yang semakin terancam akibat pengrusakan lingkungan yang disebabkan oleh kebijakan-kebijakan yang tidak pro ekologi.(fai/tantra)

Sumber:
http://indowarta.com/index.php?option=com_content&view=article&id=8237:cari-pemimpin-yang-peduli-lingkungan&catid=137:kalimantan-barat&Itemid=364

Tidak ada komentar: