Jalan M. Syafe'i Blok P Nomor 30 Pontianak, Kalimantan Barat. Telp. (0561) 731059

Rabu, 30 Juni 2010

Walhi dan Mahasiswa Aksi Simpatik Peringati Hari Air

Rabu, 24/03/2010/pk/12:42

Pontianak, Indowarta
Memperingati hari Air Internasional yang jatuh tanggal 22 Maret, puluhan aktivis Walhi Kalbar dan Aliansi Mahasiswa Kalimantan Barat, Selasa (23/3) sore melakukan aksi simpatik di kawasan Tugu Digulis Bundaran Universitas Tanjungpura, menghimbau pemerintah agar memperhatikan permasalahan air.

Dalam pernyataan sikapnya yang juga dibagikan kepada para pengguna jalan, pengunjuk rasa menyatakan di Kalbar dengan beroperasinya sejumlah perkebunan skala besar dan pertambangan menyebabkan hilangnya fungsi hutan terutama hutan gambut sebagai daerah resapan air.

Hal ini meyebabkan sumber-sumber air rakyat rusak, bahkan beberapa anak sungai dan danau kering. Salah satu contohnya dalah beroperasinya 9 anak perusahaan Sinar Mas Group di kawasan Taman Nasional Danau Sentarum Kabupaten Kapuas Hulu, menyebabkan kerusakan hutan yang luar biasa akibat land clearing.

Yus yang bertindak sebagai korlap aksi mengatakan aksi ini lebih merupakan himbauan kepada pemerintah agar lebih memperhatikan air di Kalbar. “Sampai hari ini kita lihat pemerintah tidak peduli dengan permasalahan air, apalagi jika kita kaitkan dengan kesehatan,” ujarnya.

Humas Aksi, Handrikus Adam meminta agar dihentikannya penebangan hutan untuk perluasan perkebunan sawit, terutama dikawasan Taman nasional Danau Sentarum dimana kawasan tersebuit merupakan cadangan sumber air yang menyuplai 25% air di Kalbar.
“Terkait kerusakan akibat penebangan kita belum bisa prediksi kapan bencana maslah air akan menghantam Kalbar, namun yang jelas realitas saat ini sudah menunjukkan bahwa air sungai kita tidak layak dikonsumsi, serta kerusakan ekosistem yang terjadi,” timpalnya.

Menurut Hendrikus, ini bukan hanya isu di kalbar, tetapi menjadi tanggung jawab masyarakat dunia. Pemerintah juga harus ikut memperhatikan masalah ini, jangan hanya mementingkan pemodal asing saja.

Dikatakan Hendrikus, sebelum aksi mereka juga sempat mengadakan pemutaran dan bedah film tentang lingkungan. “aksi ini sendiri merupakan rangkaian aksi, karena kedepan kita akan kembali melakukan aksi terkait hari bumi. (fai)

Sumber :
http://indowarta.com/index.php?option=com_content&view=article&id=7145:walhi-dan-mahasiswa-aksi-simpatik-peringati-hari-air&catid=137:kalimantan-barat&Itemid=364

Tidak ada komentar: